Ziarah Gua Maria Bunda Penolong Abadi, Stasi Pojok, Minggir, Sleman


Salam sejahtera Dulur sedoyo, kali ini saya mengajak Anda untuk berziarah di suatu tempat di barat kota Yogyakarta, tepatnya di Gua Maria Penolong Abadi.

Gua Maria Bunda Penolong Abadi, tempat ziarah umat Katolik berada di stasi Santo Yohanes Chrisostomus dusun Pojok, desa Sendang Agung Kapanewon Minggir Kabupaten Sleman. 

Untuk menuju ke Goa Maria Bunda Penolong Abadi, jika dari kota Yogyakarta, Anda dapat menyusuri jalan Godean, sebelum Jatiningsih ada pertigaan, belok ke kanan atau ke utara menuju kantor Kapanewon Minggir, dari kantor Kapanewon Minggir masih keutara kurang lebih 200 meter, di kiri jalan atau barat jalan ada tugu bertuliskan dusun Pojok.  

Gua Maria Bunda Penolong Abadi berada di antara rerimbunan bambu, yang memberikan kesejukan bagi yang berkunjung.

Tempat ini terletak di tepi sungai progo, sehingga suara aliran sungai terdengar diantara suara hempusan angin diantara dedaunan bambu.

Selain untuk berdoa, tempat ini dipergunakan untuk rekoleksi atau pertemuan-pertemuan.


Sejarah

Bermula dari salah satu umat stasi Pojok yaitu Christina Sutinah istri dari Suyadi mengalami stroke dan kondisi kesadaran semakin menurun dan dokter memutuskan untuk dilalukan operasi.

Para sanak saudara Suyadi berkumpul untuk berdoa bersama agar proses operasi berjalan lancar.  Dengan penuh iman dan keyakinan, darasan doa mulai mengalir tanpa henti. Semua saudara, teman, sahabat yang hadir menyatukan doa bersama kami. Kuasa Tuhan sungguh luar biasa, kehadiranNya dapat dirasakan saat itu, terlebih saat dokter menyatakan bahwa operasi yang telah dilakukan berhasil dengan baik. 

Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga dalam satu jam saja dengan Aku? Berjaga-jaga dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan, roh memeng penurut tetapi daging lemah (Mat 26 ; 40 – 41), kalimat sederhana dalam injil ini terlintas dalam benak Suyadi saat menyusuri lorong rumah sakit menuju kapel untuk berdoa.

Saat berdoa di kapel, Suyadi merasakan gaung satu kutipan injil yang berbunyi Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan bagimu (Mat 11 ; 28)

Dalam kekhusukannya berdoa, Suyadi merasakan kehadiran seorang ibu yang memeluknya.  Ibu itu memegang tangan dan menepuk pundak Suyadi dengan penuh kasih dan berbisik lirih "Kamu harus kuat, aku bersamamu dan Tuhan mendengar doamu."

Setiap malam tepat pukul 21.00 WIB, Suyadi memanjatkan doa permohonan dan kesembuhan tanpa putus. Kekuatan doa bersama keluarga dan sanak saudara sangat membantu proses kesembuhan Christina Sutinah.

Hari demi hari proses kesembuhan terus membaik.Saat melewati hari ketujuh pada malam ketujuh, doa ungkapan terima kasih kepada Tuhan menjadi lebih kuat. Setiap Suyadi bersiap diri dan mulai meyiapkan hati untuk berdoa, bayangan Bunda Maria semakin kuat, semakin nampak dan dirasakan Bunda Maria semakin nyata hadir, menyertai dan menguatkan setiap doa-doa. Sampai pada malam kesembilan, keinginan menghadirkan Bunda Maria di rumah semakin kuat dalam diri Suyadi beserta keluarga.

Melalui kesepakatan keluarga pada bulan Desember 2012, sebagai bentuk syukur dan terima kasih Suyadi pada semua kebaikan Tuhan Yesus dengan perantaraan Bunda Maria, Ginokaryo sekeluarga menyerahkan hidup dalam pembangunan Gua Maria Bunda Penolong Abadi.

Proses Pembangunan

Pada bulan Desember 2012 diadakan pertemuan dengan Pastor Paroki dan Dewan Stasi untuk penyerahan tanah seluas 1400 M² keluarga Bapak Ginokariyo kepada PGPM Paroki Klepu.

Usai disahkan Kepala Desa Sendang Agung, pada Sabtu, 23 Februari 2013 diadakan penyerahan tanah kepada Paroki Klepu.

Pada bulan Desember 2012 diadakan pertemuan dengan Pastor Paroki dan Dewan Stasi untuk penyerahan tanah seluas 1400 M² keluarga Bapak Ginokariyo kepada PGPM Paroki Klepu.

Usai disahkan Kepala Desa Sendang Agung, pada Sabtu, 23 Februari 2013 diadakan penyerahann tanah kepada Paroki Klepu.

Proses pembangunan dimulai dengan survey lokasi untuk merancang pemerataan tanah dan pembuatan Gua Maria pada 30 Juni 2013.  Pemberkatan dilaksanakan pada hari Kamis, 1 Mei 2014 oleh Romo Hartanto Pr. 

Galeri Foto Pembangunan

Proses meratakan tanah

Proses Pembangunan Gua Maria


Pemberkatan Gua Maria oleh Romo Hartanto Pr


ziarah gua maria, tempat ziarah gua maria di jawa tengah, doa ziarah gua maria, tempat ziarah gua maria, tempat ziarah gua maria lampung, ziarah gua maria di jogja, ziarah gua maria di jawa tengah, ziarah gua maria jawa timur, ziarah gua maria ambarawa, ziarah gua maria ambarawa kerep,
ziarah gua maria di yogyakarta, ziarah gua maria di jakarta, ziarah gua maria di bali, ziarah gua maria foto, ziarah gua maria gantang, ziarah gua maria gunung kidul, ziarah gua maria ganjuran jogja, ziarah gua maria jogja, ziarah gua maria jawa tengah, ziarah gua maria jawa, ziarah ke gua maria

Posting Komentar untuk "Ziarah Gua Maria Bunda Penolong Abadi, Stasi Pojok, Minggir, Sleman"

www.domainesia.com