Wisata Religi Gua Maria Kerep Ambarawa


Salam sejahtera Dulur sedoyo, saya mengajak Anda untuk ke kota Ambarawa Jawa Tengah untuk berkunjung ke tempat wisata religi, yaitu Gua Maria Kerep Ambarawa.

Gua Maria ini berada di  Jl. Tentara Pelajar, Kerep, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, jaraknya sekitar 500 m dari Terminal Ambarawa.

Gua Maria Kerep atau Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA) sebuah tempat ziarah dengan suasana yang tenang serta rindangnya pepohonan menjadikan tempat ini nyaman untuk berdoa, berziarah dan menyegarkan diri.  Gua Maria Kerep memiliki fasilitas bagi para peziarah, antara lain Jalan Salib, Tempat Doa Lesehan, Gereja, dan sebuah taman.

Dari tempat ini Anda dapat melihat pemandangan Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Danau Rawa Pening. 

Saat Anda memasuki area parkir GMKA, Anda akan melihat ikon patung Maria Assumpta setinggi 23 meter dengan penopang 19 meter, sehingga total ketinggian patung dengan penopang setinggi 42 meter.

Patung Bunda Maria Assumpta merupakan karya tiga seniman patung RA nugroho Adi P, RBA Koencoro BP dan RA Hartanto Agung.

Terdapat tempat dengan desain yang cukup unik yang bernama Pelataran Air Kehidupan atau Acqua Viva  dimana para pengunjung dapat membasuh diri serta mengambil airnya.


Para dulur, ada tradisi yang sudah berjalan selama bertahun-tahun di Gua Maria Kerep, yaitu Novena Bunda Maria.  Novena diadakan mulai dari bulan September sampai dengan Mei tahun berikutnya setiap Minggu kedua.

Penyelenggara Novena adalah paguyuban atau kelompok organisasi massa Katolik atau organisasi gerejawi atau juga kelompok-kelompok devosi, yang bekerja sama dengan Panitia setempat dan Panitia Pengelola Gua Maria Kerep Ambarawa.

Ada beberapa diorama yang menggambarkan kisah Yesus Kristus, seperti pembaptisan Yesus, pernikahan di Kana, murid-murid sedang menjala ikan, Yesus menggandakan lima roti dan dua ikan serta gua tempat Yesus dimakamkan. 

Nah para dulur, itu tadi ulasan saya tentang Gua Maria Kerep Ambarawa, semoga bisa bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Wisata Religi Gua Maria Kerep Ambarawa"

www.domainesia.com