Ziarah ke Gua Maria Lawangsih dan Gua Maria Pangiloning Leres


Salam sejahtera Dulur sedoyo, masih melanjutkan perjalanan ziarah di kawasan pegunungan Menoreh.  Kali ini saya mengajak Anda untuk berziarah ke gua Maria Lawangsih dan gua Maria Pangiloning Leres.

Kedua tempat ziarah ini berada di wilayah paroki administratif Santa Maria Fatima Pelem Dukuh, tepatnya di Dusun Patihombo, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika akan berkunjung ke gua Maria Lawangsih dan gua Maria Pangiloning Leres, cek kendaraan Anda terlebih dahulu, baik mesin maupun sistem pengereman, karena berada di perbukitan.

Dari kota Yogyakarta, Anda dapat menelusuri jalan Godean ke arah barat hingga perempatan lampu merah Kenteng, Nanggulan.  

Jalur pertama, untuk melewati jalur ini disarankan kondisi kendaraan prima.  Dari perempatan kenteng, Anda bisa lurus kebarat kearah pasar Kenteng, melewati tempat-tempat untuk ngopi.  Di jalur ini terdapat tanjakan yang terjal, yaitu Tanjakan Bibis. Banyak kendaraan yang mengalami kendala saat melewati tanjakan Bibis.

Jalur kedua, dari perempatan Kenteng belok ke kiri atau ke selatan, menuju pasar Sribit.  Jalur ini tidak begitu terjal, bahkan saya yang berboncengan menggunakan sepeda motor Mio M3 dengan mudah melewatinya.

Goa Maria Lawangsih

Tujuan yang pertama adalah Gua Maria Lawangsih, sebuah gua yang alami dengan lingkungan pepohonan dan udara yang sejuk, serta suara gemericik air sungai, membuat tempat ini sangat nyaman untuk berdoa maupun bersemedi / meditasi, mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.

Untuk sampai ke tempat berdoa, saya mesti menapaki beberapa anak tangga, dipelataran gua nampak Joglo yang bisa dipergunakan untuk  misa, pertemuan maupun rekoleksi.

Nampak juga patung Bunda Maria dan tempat untuk berdoa mendaraskan permohon dan syukur kepada Bunda Maria.

Disebelah kanan dari patung Bunda Maria, terdapat pintu masuk ke dalam gua, tempat ini tidak gelap karena sudah ada lampu.  Anda bisa bersemedi, berdoa dengan tenang dan khusyuk di dalam gua ini.

Gua Maria Lawangsih juga memiliki stasi jalan salib singkat.

Fasilitas cukup memadai dengan adanya tempat parkir bagi kendaraan roda empat dan dua, serta tersedianya kamar mandi.

Goa Maria Lawangsih semula merupakan tempat bersarangnya kelelawar (oleh masyarakat disebut Gua Lawa) yang sebenarnya sudah ada sejak dulu.

Nama “Lawangsih” dimaksudkan untuk mengabadikan nama asli gua tersebut sekaligus memiliki makna rohani. “Lawangsih” berasal dari kata lawang (bahasa jawa : pintu) dan sih (bahasa jawa : rahmat atau berkat), sehingga Goa Maria Lawangsih  diharapkan bisa menjadi pintu berkat/rahmat bagi para pendoa, peiarah dan masyarakat sekitarnya.

Usai berdoa di Gua Maria Lawangsih, saya melanjutkan perjalanan menuju gereja Santa Maria Fatima Pelem Dukuh yang berjarak 300 meter.

Gua Maria Pangiloning Leres

Patung Bunda Maria di Pangiloning Leres

Gua Maria Pangiloning Leres berada di sebelah barat atas gedung gereja Pelem Dukuh, yang oleh masyarakat dikenal sebagai  Gunung Pangilon.  Nama gua Maria Pangiloning Leres memiliki arti "Cermin Kebenaran"

Ditempat ini terdapat gua dengan patung Bunda Maria, dan dihalaman terdapat patung Yesus.

Galeri foto Gua Maria Lawangsih

Patung Bunda Maria

Tangga menuju dalam goa 

Tempat untuk bersemedi dan berdoa di dalam goa

Suasana dalam goa


Pintu masuk goa

Joglo






gua maria lawangsih, sejarah gua maria lawangsih, rute gua maria lawangsih, gua maria lawangsih jogja, gua maria lawangsih kabupaten kulon progo daerah istimewa yogyakarta, gua maria lawangsih kulon progo, gua maria lawangsih nanggulan, gua maria lawangsih yogyakarta, gua maria sendang lawangsih, gua maria lawangsih official website

ziarah gua maria, tempat ziarah gua maria di jawa tengah, doa ziarah gua maria, tempat ziarah gua maria, tempat ziarah gua maria lampung, ziarah gua maria di jogja, ziarah gua maria di jawa tengah, ziarah gua maria jawa timur, ziarah gua maria ambarawa, ziarah gua maria ambarawa kerep,

ziarah gua maria di yogyakarta, ziarah gua maria di jakarta, ziarah gua maria di bali, ziarah gua maria foto, ziarah gua maria gantang, ziarah gua maria gunung kidul, ziarah gua maria ganjuran jogja, ziarah gua maria jogja, ziarah gua maria jawa tengah, ziarah gua maria jawa, ziarah ke gua maria,

 

Posting Komentar untuk "Ziarah ke Gua Maria Lawangsih dan Gua Maria Pangiloning Leres "

www.domainesia.com