8 Tempat Ziarah Rohani, Start Gereja Nandan Finish Sendangsono

Salam sejahtera Dulur sedoyo, perjalanan ziarah saya di taman doa dan Goa Maria pada bulan Mei 2022, memberi inspirasi untuk membuat jalur ziarah yang satu jalur.

Dimulai dari Taman Doa Bunda Maria Penolong Abadi gereja Katolik Santo Alfonsus Nandan hingga finish di Goa Maria Sendangsono.

8 tempat tersebut berada di kabupaten Sleman dan Kulon progo, bagi Anda yang ingin berziarah disarankan memulai perjalanan di pagi hari.

1. Taman Doa Bunda Maria Penolong Abadi Nandan


Taman Doa yang dibangun di halaman gereja Katolik Santo Alfonsus Nandan, menjadi tempat berziarah yang pertama kali.  

Suasana pagi yang teduh, sangat sesuai untuk berdoa kepada bunda Maria, ditambah dengan kicau burung yang saling bersahutan.

baca juga :  Taman Doa Bunda Maria Penolong Abadi Nandan

2. Gua Maria Bunda Penolong Abadi, Stasi Pojok, Minggir, Sleman


Usai dari Taman Doa Bunda Maria Penolong Abadi, perjalanan dilanjutkan menuju ke Minggir, Sleman dengan melalui Seyegan.

Tujuan yang kedua adalah Gua Maria Bunda Penolong Abadi stasi Pojok Minggir, Sleman.

Diperjalanan menuju Gua Maria Anda akan disuguhi pemandangan persawahan  dengan kerumunan burung Kuntul yang mencari makan.

Gua Maria Bunda Penolong Abadi berada diantara rerimbunan bambu dan ditepi kali Progo.

baca juga : Ziarah Gua Maria Bunda Penolong Abadi, Stasi Pojok, Minggir, Sleman

3. Goa Maria Ratu Perdamaian Sendang Jatiningsih


Dari Minggir perjalanan dilanjutkan ke arah selatan menuju ke Goa Maria Ratu Perdamaian Sendang Jatiningsih, Moyudan, Sleman.

Jarak yang ditempuh tidak jauh, jalan yang dilalui juga mulus, hanya dalam waktu kurang lebih 15 menit Anda sudah sampai ke Jatiningsih.

Gua Maria Jatiningsih atau yang juga biasa disebut dengan nama Sendang Jatiningsih merupakan salah satu tempat peribadatan sekaligus peziarahan umat Katholik yang terletak 17 km di barat Kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Jitar, Desa Sumber Arum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman.

baca juga : Ziarah ke Goa Maria Ratu Perdamaian Sendang Jatiningsih

4. Gua Maria Lawangsih dan Gua Maria Pangiloning Leres


Perjalanan ziarah dilanjutkan ke arah barat yaitu menuju ke Gua Maria Lawangsih dan Gua Maria Pangiloning Leres, Girimulyo, Kulon progo.

Untuk menuju ke tempat tersebut ada dua jalur, dari perempatan Kenteng ke arah Barat atau ke Selatan melewati Sribit, panduan jalur tersebut dapat dibaca disini.

Kedua tempat ziarah ini berada di wilayah paroki administratif Santa Maria Fatima Pelem Dukuh, tepatnya di Dusun Patihombo, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

baca juga :  Ziarah ke Gua Maria Lawangsih dan Gua Maria Pangiloning Leres

5. Gua Maria Watu Blencong


Untuk menuju Gua Maria Watu Blencong, dari Gua Maria Lawangsih ada dua jalur, jalur pertama melalui Girimulyo-Samigaluh, jalur kedua jalan Kaligesing dimana saat berada di bawah terdapat tempat untuk istirahat, seperti Kopi Klotok, Kopi Ampirono, atau Kopi Ingkar Janji.

Gua Maria Watu Blencong yang berada di Borosuci, Banjarasri, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Jalur menuju Gua Maria Watu Blencong

baca juga : Ziarah ke Gua Maria Watu Blencong Borosuci Kulon progo

6. Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga Boro


Usai dari Gua Maria Watu Blencong perjalanan berlanjut ke Taman Doa Bunda Maria Pelindung yang berjarak kurang lebih dua kilometer ke arah Selatan.

Taman Doa ini merupakan bagian dari tempat peziarahan Romo JB Prennthaler, S.J. yang berada dalam administrasi Paroki Santa Theresia Lisieux Boro, Kulon progo.

Ditaman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga terdapat 12 ikon patung di sini kanan dan kiri yang menjadi simbol kehadiran 12 Rasul Yesus yang juga menyimbolkan Kerasulan Romo Prennthaler, S.J. sebagai seorang misionaris yang hadir di perbukitan Menoreh (Pedebus Apos-tulorum). 

baca juga : Ziarah ke Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga Boro

7. Gua Maria Sendangsono


Tujuan wisata rohani terakhir yaitu Gua Maria Sendangsono yang berada di wilayah paroki Santa Maria Lourdes Promasan, dan terletak di desa Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak tempuh terdekat kurang lebih 5 kilometer dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit.  Namun jika Anda ingin melakukan jalan Salib yang panjang, maka sebaiknya Anda menuju ke gereja Santa Maria Lourdes Promasan, jalur tersebut dapat dibaca disini.

Jalur terdekat ke Sendangsono

baca juga : Ziarah ke Gua Maria Sendangsono

Nah, ulasan diatas merupakan pengalaman saya berkunjung ke tempat-tempat ziarah dengan mengendarai Yamana Mio M3 bersama istri.

Semoga bisa bermanfaat.

gua maria lawangsih, sejarah gua maria lawangsih, rute gua maria lawangsih, gua maria lawangsih jogja, gua maria lawangsih kabupaten kulon progo daerah istimewa yogyakarta, gua maria lawangsih kulon progo, gua maria lawangsih nanggulan, gua maria lawangsih yogyakarta, gua maria sendang lawangsih, gua maria lawangsih official website, ziarah gua maria, tempat ziarah gua maria di jawa tengah, doa ziarah gua maria, tempat ziarah gua maria, tempat ziarah gua maria lampung, ziarah gua maria di jogja, ziarah gua maria di jawa tengah, ziarah gua maria jawa timur, ziarah gua maria ambarawa, ziarah gua maria ambarawa kerep, ziarah gua maria di yogyakarta, ziarah gua maria di jakarta, ziarah gua maria di bali, ziarah gua maria foto, ziarah gua maria gantang, ziarah gua maria gunung kidul, ziarah gua maria ganjuran jogja, ziarah gua maria jogja, ziarah gua maria jawa tengah, ziarah gua maria jawa, ziarah ke gua maria 

Posting Komentar untuk "8 Tempat Ziarah Rohani, Start Gereja Nandan Finish Sendangsono"

www.domainesia.com